01 January 2008

Akses Portal Tribun Timur Melalui Ponsel




Inovasi Tribun Timur. Selain edisi cetak, ada edisi mobile (phone)

http://tribun-timur.com/view.php?id=50607

Sabtu, 06-10-2007
Akses Portal Tribun Timur Melalui Ponsel

Dunia komunikasi saat ini berkembang dengan pesat dan berita yang tersaji tidak hanya melalui media cetak melainkan dapat juga diakses melalui ponsel. Jika Anda ingin melakukan perjalanan ke daerah terpencil namun tetap ingin terkoneksi dengan internet, mobile internet kini menjadi solusinya. Sejumlah provider telah menyiapkan sejumlah fitur seperti mobile internet yang kini menjadi tren di kalangan pengguna ponsel.

Seperti dilansir Cnet, jutaan orang di dunia telah mengakses internet dengan menggunakan aplikasi yang disebut WAP yang memang didesain khusus bagi pengguna ponsel. Meski aksesnya terbatas tetapi setidaknya dengan menggunakan fasilitas java script, memungkinkan pengguna membaca berita dan mengakses email sesuai dengan kemampuan dari ponsel tersebut.

Bahkan, bagi pengguna di kalangan ini memiliki julukan khusus yang disebut dot-mobi. Ini berarti surfing di internet dengan menggunakan ponsel. Meski dengan layar yang kecil tetapi sejumlah ponsel bisa menghasilkan halaman situs seperti yang tampak jika menggunakan komputer.

"Saya pikir, setiap orang ingin juga mengakses situs yang sama seperti yang tampak pada komputer mereka," kata Matt Hatton, seorang senior analisis dari Yankee Group yang berbasis di Inggris.

Tidak hanya itu, meski terlihat lebih tradisional namun akses melalui ponsel lebih membuat orang nyaman. "Mereka akan memilih menghabiskan uang untuk membayar layanan tersebut. Salah satu kenyamanan yang ditawarkan adalah mengakses internet sambil tidur-tiduran, sama mudahnya ketika mengetik SMS atau menelepon.

Di Indonesia, layanan tersebut telah disiapkan oleh sejumlah provider seperti Indosat, melalui Mentari, IM3, dan Matrix. Sedangkan, Telkomsel pun memenuhi kebutuhan tersebut bagi pengguna Simpati, Halo, dan As. Sedangkan, XL mempersembahkannnya bagi pengguna kartu Xplor dan Bebas.

Jadi meskipun Anda berada di gunung sekalipun, Anda bisa mengetahui perkembangan berita terkini dari ponsel. Dengan syarat, bahwa kartu tersebut memiliki jaringan yang luas dan ponsel mendukung GPRS dan telah di-setting untuk penggunaan internet. Selamat mencoba!

Ponsel Pengganti Komputer
Jika komputer masih menjadi barang mewah bagi Anda tidak usah khawatir. Soalnya, siapapun yang tidak ingin kehilangan berita bisa mengaksesnya melalui poinsel. Harganya pun Sesuai isi kantong.

Ponsel Nokia 6020 dengan kisaran harga Rp 920 ribu, setiap orang bisa membaca berita portal Tribun Timur melalui ponsel karena dilengkapi fasilitas xHTML browsing dengan teknologi EDGE dan GPRS. Layar warna yang terang.

Sony Ericsson Z300 memiliki kemampuan GPRS dengan kecepatan transfer data mencapai 32-40 kilobyte per second (kbps). Harganya pun ringan di kantong berkisar Rp 650 ribu.

Motorola L6 yang berharga Rp 980 ribu memiliki kemampuan browserWAP 2.0/xHTML dan akses data hingga kecepatan 32-40 kbps.

Samsung X150 dengan kisaran harga Rp 730 ribu dapat digunakan untuk browsing serta melakukan chat di ponsel. Kecepatan transfer data 32-40.

Tarif Penggunaan
Tarif rata-rata yang ditetapkan oleh Indosat Seluler untuk akses internet melalui IM3 dan Matrix adalah sebesar Rp. 11 per kilobyte. Sedangkan Telkomsel memasang tarif akses internet melalui simPATI sebesar Rp. 30 per kilobyte dan KartuHALO sebesar Rp. 25 per kilobyte.

Bagi pengguna XL, setiap data yang diakses melalui jalur GPRS dikenai tarif sebesar Rp. 25 per kilobyte. Untuk operator CDMA seperti Mobile-8 (Fren), StarOne (Indosat), dan Telkom Flexi menghargai layanannya sebesar Rp. 5 per kilobyte.

Apabila Anda memanfaatkan Fren, StarOne, atau TelkomFlexi (Rp. 5 per kilobyte) untuk mengakses halaman depan situs detik.com yang berukuran 386 KB, maka pulsa yang akan dipotong berkisar Rp 1.930.

Sedangkan jika menggunakan modem biasa untuk membaca situs yang sama, dibutuhkan waktu rata-rata sekitar 3,5 menit. Dengan lama waktu tersebut, Anda akan terkena biaya berkisar 580 rupiah apabila dihitung dengan perhitungan biaya Telkomnet Instan (Rp. 9.900 / jam).

Namun biaya Rp. 580 tersebut tentunya masih harus ditambah dengan lamanya waktu koneksi selama Anda online pada saat membaca halaman tersebut. Namun meskipun telah ditambah dengan waktu baca sekalipun, penggunaan internet dengan modem biasa secara keseluruhan dapat dikatakan lebih murah.

Jika Anda membaca berita portal Tribun Timur melalui www. tribun-timur.com, saat Tribun mencobanya hanya sekitar Rp 1.000 karena halamannya lebih ringkas dan tidak banyak flash. Selain itu, jika Anda menggunakan tipe ponsel ukuran standar, umumnya berita yang disajikan tidak terlalu menggunakan banyak kilobye (KB).

Ada peristiwa menarik?
SMS www.tribun-timur.com di 081.625.2233
email: tribuntimurcom@yahoo.com

Hotline SMS untuk berlangganan Tribun
Timur edisi cetak: 081.625.2266.
Telepon: 0411 (8115555) (wid)

No comments: