11 January 2008

Karena Hotspot, Mahasiswa Unhas Cukup Punya Laptop

sumber: http://www.tribun-timur.com/view.php?id=55435

Senin, 03-12-2007
Karena Hotspot, Mahasiswa Unhas Cukup Punya Laptop
Laptop yang Kian Terjangkau (3-Habis)
Sejak diperkenalkan secara nasional awal tahun 2007, keberadaan fasilitas layanan internet nirkabel via modul Wifi (wireless fidelity) tak lagi menjadi barang langka.
Di Makassar, wifi layaknya jamur yang tumbuh di musim penghujan.
Wilayah akademik seperti kampus-kampus perguruan tinggi bisa disebut sebagai salah satu tempat paling bagus untuk mengakses layanan internet gratis via wireless.
Universitas Hasanuddin (Unhas) bisa dikatakan sebagai perguruan tinggi terdepan yang memiliki area hotspot terluas.
Bagaimana tidak, hampir setiap jengkal, wilayah di Unhas yang memiliki 14 fakultas dengan luas wilayah 220 hektare itu bisa ditemukan sinyal free wifi hotspots atau wilayah bebas akses wireless.
Dengan kondisi tersebut, di Unhas saat ini sudah menjadi hal biasa jika kita mendapati para mahasiswa hingga dosen-dosennya menenteng komputer jinjing alias laptop.
Bahkan sudah hal yang jamak, di beberapa wilayah yang memiliki sinyal kuat akan dipadati pengakses internet.
Sebut saja, di fakultas teknik, kedokteran, kedokteran gigi, fakultas kesehatan masyarakat, pertanian, atau pascasarjana.
Di fakultas kedokteran atau di FKM, justru pihak fakultas menyediakan tempat berupa ruang terbuka untuk dipergunakan mengakses internet via wireless.
Bisa dikatakan, saat ini Unhas memang tengah booming free wifi hotspots. Bahkan hingga tiap-tiap jurusan juga ikut menyediakan fasilitas hotspot bagi mahasiswanya.
Hal yang cukup unik tentang pengakses tersebut bisa dijumpai saat malam hari. Terbukanya beberapa fasilitas free wifi 24 jam nonstop membuat mahasiswa menongkrongi laptopnya hingga tengah malam.
Di lantai satu Rektorat Unhas, Anda bisa temukan pemandangan tersebut. Nyaris tiap malam, ruang terbuka di lantai terbawah bangunan berlantai delapan itu dipenuhi beraneka merek komputer jinjing milik mahasiswa.
Malahan, saking asyiknya, banyak di antara mahasiswa bisa bertahan berjam-jam berduel dengan nyamuk-nyamuk yang mengerubungi.
Memudahkan Mahasiswa
Hadirnya fasilitas hotspot tersebut membuat sebagian sivitas akademika Unhas mendapatkan kemudahan dalam transfer ilmu pengetahuan antara dosen dan mahasiswa.
Mereka tak perlu mengeluarkan ongkos untuk mengunduh tugas-tugas yang diberikan dosen mereka hanya dengan free hotspot.
Asmin, seorang mahasiswa fakultas teknik yang biasa menggunakan layanan ini, mengatakan kalau sangat dipermudah dengan hadirnya internet via wireless.
"Setahun yang lalu, saya masih harus ke warnet untuk mengakses internet saat mendapat tugas mata kuliah dari dosen. Kini, dengan hadirnya wifi, saya hanya tinggal buka laptop saya lalu mengaktifkan wireless laptop, saya sudah bisa online," jelasnya.
Senada dengan Asmin, Muhammad Ridwan, mahasiswa FKM, juga merasakan hal yang sama.
Dikatakannya, ia cukup membuka laptopnya di lego-lego FKM, dan semenit kemudian ia sudah bisa men-searching bahan untuk tugas-tugas yang ingin dibuatnya.
Selain itu, keberadaan free wifi juga membuat Ridwan bisa mengetahui perkembangan terbaru jagad infomasi nasional ataupun internasional.
"Saya juga mendapatkan kemudahan dalam mengakses berita-berita terbaru. Bahkan saya tridak pernah membeli koran lagi sejak memiliki laptop dan wifi di fakultas saya," tarang Ridwan saat ditemui di FKM Unhas beberapa waktu lalu.
Melihat situasi pemakai free wifi yang marak di Unhas, wajar jika Makassar saat ini memang tak tertinggal dalam perkembangan teknologi informasi.
Teknologi wifi sebelumnya sempat diperkenalkan oleh Pemkot Makassar saat bekerja sama dengan PT Telkom ketika meluncurkan akses gratis wifi di Anjungan Bahari Pantai Losari, awal 2007 lalu.
Saat itu, booming area hotspot seperti menjamur di Makassar. Sayang, keberadaan akses internet tanpa kabel via wireless di Anjungan Bahari Pantai Losari tak dilanjutkan lagi menyusul maraknya sweeping software palsu yang kemudian seperti menghentikan minat masyarakat pengguna wifi.
Namun demikian, booming pembelian laptop tentu tak akan terhenti sampai di situ. Bahkan bisa saja semakin terdorong dengan semakin murahnya harga laptop akhir-akhir ini.

Ada peristiwa menarik?
SMS www.tribun-timur.com di 081.625.2233
email: tribuntimurcom@yahoo.com

Hotline SMS untuk berlangganan Tribun
Timur edisi cetak: 081.625.2266.
Telepon: 0411 (8115555) (arif fuddin usman)

No comments: